Audio Setup

Menurut saya jika kita senang dengar lagu, dan mulai mengenal dunia Audio HIFI, maka ada beberapa point yang harus diperhatikan, disini kita membahas HIFI berbasis CD.

Point pertama yaitu ; CD itu sendiri, bagaimana rekaman CD dibuat, apakah biasa saja atau rekamannya bagus, sehingga suara yang dihasilkan saat memutar CD tersebut indah.

Point kedua yaitu ; CD playernya, jadi belilah CDP yang benar – benar digunakan untuk menyetel CD jangan yang campur dengan DVD atau yang lainnya, kecuali kalau ada yang bagus dan merk terkenal mungkin mutu suaranya akan lebih bagus.

Point ketiga : Preampnya(jika anda menggunakan preamp), harus bagus, sehingga suara yang keluar bersih dan bebas noise.

Point keempat : Amplifiernya, nah ampli ini juga harus bagus supaya pada saat suara dari CDP atau preamp di amplifikasi suara tetap yang keluar suara CD aslinya, jangan berubah atau suara Ingram W jadi suara orang lain, cymbal kayak suara kaleng, dan harus bebas noise, hisss boleh dikit..🙂

Point kelima : Speakernya, jangan remehkan kemampuan speaker, karena ini adalah alat terakhir dari sebuah sistem setup audio, kalau speaker kurang bagus, maka detail akan hilang, suara vokal nggak bagus, kecuali anda cuman suka dengar lagu tapi kurang menikmati detil dalam sebuah lagu..🙂

Point keenam : Perkabelan, hehehe,… makanya ada kabel yang harganya Rp 2.000.000,- /meternya ,🙂 ,.. yang harus diperhatikan Kabel RCA, dan kabel speakernya, cari yang bagus dikit, supaya arus signal lancar,…Sehingga suara yang sampai di tiap terminal ampernya nggak berkurang.

Point ketujuh : Tata letak ruangan, serta dimana kita putar lagunya, ini juga sangat menentukan, kalo perangkatnya berdaya besar serta ruangan kita kecil, yah suara pasti nggak maksimal,.. Jarak speaker dan pendengar harus diperhatikan, kalo di buat ruangan khusus kayak studio band dan kedap suara luar pasti suara yang keluar dari speaker sangat indah, atau kamar yang diberi peredam suara, sehingga suara dalam kamar tenang, nggak ada ganguan dari luar,..Jangan seperti saya dengernya di toko, suara kendaraan lalu lalang jadi ikut terdengar, kurang sipp,..🙂

Point kedelapan : Pencahayaan, atur cahaya lampu sesuai keingginan kita jadi kita dapat santai dan menikmati sistem audio setup kita.

Nah mungkin ini pengalaman saya untuk dibagi tentang HIFI , nggak perlu terlalu mewah dan mahal,..😉

About agig

Hobby saya mendengar musik,menggumpulkan ph dan tabung audio,serta kalo sempat merakit tube amp...
This entry was posted in Tips n Trick and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s