Balance Potensio

Kadang waktu kita ngetest amplifier tabung atau preamp tabung ketemu masalah ini “kok keras sebelah yah suaranya”, nah kalo anda pernah ketemu masalah ini, yang pertama di periksa rekaman cdnya, coba di tempat teman, apakah sama atau tidak, yang kedua perkabelan speaker dan xovernya, yang ketiga kabel rcanya dan semua perkabelan, yang keempat potensionya, yang kelima tabung audionya, kadang yang satu dah  hampir habis emisinya, yang ke enam baru arus DC yang masuk ke tabung audio, voltasenya apakah sama chanel kiri dan kanan, yang ketujuh baru test tiap kapasitor apakah berfungsi dengan baik.

Mengenai yang ke enam ini saya pernah ngalamaninnya, mengenai arus yang masuk di screen voltagenya beda 11volt antara chanel kiri dan kanan, yang kiri lebih 11volt, tapi herannya justru yang keras sebelah kanannya, sehingga menyebabkan suara nggak balance, jalan keluarnya resistor screen kiri di perkecil nilainya, dan masalah teratasi🙂 .

Dan kalo rekamannya yang nggak balance, seperti ada beberapa cd yang mungkin rencananya biar kesan livenya terasa tapi karena rekamannya nggak benar, yang terjadi hampir semua lagi berat ke kanan atau ke kiri,.. jalan keluarnya :

Potensiobalance copyPotensio Balance.

Nah potensio ini banyak membantu kalo nggak mau repot,..🙂

About agig

Hobby saya mendengar musik,menggumpulkan ph dan tabung audio,serta kalo sempat merakit tube amp...
This entry was posted in Gambar,Peralatan,ETC., Tips n Trick and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s