Resistor Audio Tabung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengapa balik lagi ke resistor yach,.. ? sebenarnya efek dari resistor ini nggak terlalu banyak, apalagi kalo makenya campuran dah nggak bisa ditebak nich amp pake resistor apa yach,.. dan terus terang yang lebih pengaruh itu kapasitornya, dan…πŸ™‚

nah ini resistor yang pernah saya miliki ampe sekarang kalo mengenai karakter suaranya mending di denger sendiri baru tau, cuman ada beberapa tips yang mau di beri kalo berkenan membacanyaπŸ™‚ ,.. ;

Buat preamp dan phono ; sebaiknya resistornya yang hening, nah salah satu contoh resistor yang hening tersebut resistor yang bahan utamanya gulungan kawat, foil, metal film, tantalum.

Nah buat Amplifier, terserah mau pake apa,.. sebaiknya sich campuran aja, seperti kalo buat anode pake yang gulungan kawat, lalu buat katode pake karbon , buat bias pake metal film,..πŸ™‚

nah selama ini saya pake kebanyakkan resistor murni karbon di amplifier, sehingga kadang terdengar bunyi tik tik tik,.. biasanya yang parah waktu 20 menit pertama waktu ampli di hidupkan,.. bunyinya agak intensif,.. tapi setelah itu sesekali terdengar, suara bersih, tapi ada gangguan dikit bunyi tik tik tadi, kalo di ganti pake film suara jadi bersih, karena kurang suka ma karakternya film jadi saya campur-campur makenya,..πŸ™‚

Tapi untung dah ketemu satu resistor yang saya suka banget, mau tau,.. bagi nggak yah,.. bagi aja dah,.. bulk foil, atau foil aja dah bagus kok, jadi nggak mungkin semua bulk foil jadi di campur ama karbon film, hasilnya maknyos..πŸ™‚

Tapi yah semua tergantung selera, ada juga teman yang suka full karbon, ada yang suka full film resistornya, percayalah ama pendengaran sendiri, termasuk jangan percaya saya,..πŸ™‚

Nah gambar yang dibawah ini beberapa resistor yang kualitasnya dah nggak perlu diragukan lagi, jadi tinggal milih karakternya suka yang mana, ada satu lagi yang gambarnya blum masuk, yang tantalum, kebetulan blum punya, tapi saya yakin film dan tantalum mirip-2 karakternya, karena sama-sama dari bahan kimia aktif, kalo karbon kimia pasif(barangkali)..πŸ™‚

tx2575 copy

Takmankarbon copy

Riken copy

MK8 Roederstein copy

Holco copy

Dale copy

AMRG copy

AB copy

About agig

Hobby saya mendengar musik,menggumpulkan ph dan tabung audio,serta kalo sempat merakit tube amp...
This entry was posted in Tips n Trick and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s